33 Tanggapan untuk "Model Regresi Moderasi (Moderated Regression Analysis)"

  1. Mas mau tny,klo bedanys pure moderasi, uji nilai selisih mutlak,dan uji residual pa?dan bgaimna cara ngitungnya..trmksih

    BalasHapus
  2. Selamat sore.. saya mau tanya. Kenapa dalam analisis regresi moderasi utk mengetahui pengaruh dimensi esq terhadap variabel kepuasan yg dimoderasi oleh budaya. Variabel moderasi stelah saya kalikan dgn dimensi esq lalu saya analisis regresi linier justru variabel moderasi saya masuk kedalam tabel exclude variabel dan bukan masuk kedalam tabel coefficient? Terima kasih

    BalasHapus
  3. Selamat sore.. saya mau tanya. Kenapa dalam analisis regresi moderasi utk mengetahui pengaruh dimensi esq terhadap variabel kepuasan yg dimoderasi oleh budaya. Variabel moderasi stelah saya kalikan dgn dimensi esq lalu saya analisis regresi linier justru variabel moderasi saya masuk kedalam tabel exclude variabel dan bukan masuk kedalam tabel coefficient? Terima kasih

    BalasHapus
  4. selamat sore mau tanya dalam penelitian saya uji T berpengaruh sign, dan kemudian setelah di moderasi kenapa tidak berpengaruh dan hanya yang berpengaruh cuma variabel yang moderasi, apakah ada masalah dalam penelitian saya ya pak ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya kalo penelitian saudara tidak ada yang salah, semuanya hanya masalah data saja mas. berarti intrepretasinya saja dari hasil olah data tersebut. berarti variabel moderasi tersebut tidak signifikan menjadi moderasi tetapi memang dia menjadi variabel langsung bukan moderasi.

      Hapus
  5. selamat sore, saya ingin bertanya, adakah rekomendasi buku mengenai pengujian hipotesis atas variabel moderasi? jika ada siapa pengarang buku tersebut ya pak? karena saya butuh sebagai bahan referensi skripsi... terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih idha sudah berkunjung ke blog saya. sebenarnya kalo buku banyak sekali, cuma tulisan ini saya buat dari handout yang diberikan dari dosen statistik, jadi untuk bukunya bisa cari di internet. semoga lancar skripsinya ya.

      Hapus
  6. Saya mau bertanya pak.. Jika hasilnya sudah sig tetapi nilai t nya itu negatif pak itu bagaimana? Apakah memperkuat atau memperlemah hubungan?

    BalasHapus
  7. Saya mau bertanya pak.. Jika hasilnya sudah sig tetapi nilai t nya itu negatif pak itu bagaimana? Apakah memperkuat atau memperlemah hubungan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo melihat t nya negatif berarti hipotesis statistik menggunakan uji 2 arah dan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan memperkuat atau memperlemah hubungan. yang penting adalah kita melihat signifikannya, kalo signifikan berarti hipotesis alternatif kita diterima. jadi tidak ada hubungannya nilai t dengan memperkuat dan memperlemah.

      Hapus
  8. Terima kasih pak DEDE, hasi uji MRA saya B2 tidak sama dengan nol dan signifikan lalu B3 tidak sama dengan nol namun tidak signifikan.. apakah ini berarti variabel moderasi saya terbukti memoderasi atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika keduanya signifikan,atau variabel yang dikatakan sebagai variabel moderasinya signifikan maka dapat dikatakan bahwa variabel tersebut dapat memoderasi diantara variabel independen dan dependen

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  9. mohon pencerahan. bagaimana cara kita tau kalau variabel moderasi yang kita gunakan tersebut mampu memoderasi bersifat memperkuat atau memperlemah? dari mana kita bisa tahu pak? terima kasih

    BalasHapus
  10. Terimakasih mas sebelumnya menjelaskan tentang variabel moderasi, saya sedang melakukan penelitian yg berkaitan dengan variabel moderasi tapi saya masih sedikit bingung bagaimana variabel moderasi ini memperkuat atau memperlemah penelitian saya

    BalasHapus
  11. saya mau tanya pak, penelitian saya meggunakan 3 variabel bebas , 1 variabel terikat dan 2 variabel moderasi. yang mau saya tanyakan apakah pegujian untuk moderasinya satu per satu, atau diuji sekaligus. terimakasih

    BalasHapus
  12. Malam. Saya mau tanya pak , jika hasilnya X2 tidak signifikan tetapi X3 nya signifikan itu gimana?

    BalasHapus
  13. Pak mau tnya, misalnya contoh "pengaruh independensi dan profesionalisme terhadap kualitas audit dengan etika profesi sebagai variabel moderasi" otu nnti rumusnya (klasifikasi variabel moderasi) bagaimana pak?

    BalasHapus
  14. Moderating (Moderated) Regression Analysis (MRA) (Interaction Test, Test of Absolute Difference Value, Residual Test) Panel Data EVIEWS 9 Complete
    https://goo.gl/P8a9tt
    Moderating Regression Analysis (MRA) Panel Data EVIEWS 9
    https://goo.gl/JTdcFa
    Moderating (Moderated) Regression Analysis (MRA) (Interaction Test, Test of Absolute Difference Value, Residual Test) SPSS Complete
    https://goo.gl/HiL5hz
    Path Moderating (Moderated) Regression Analysis (MRA) SPSS
    https://goo.gl/i34gq6

    BalasHapus
  15. saya variabel independen nya ada 2, jadi x1, x2 terhadap y dengan z sbg pemoderasi. itu nyari variabel awalnya gimana ? aku kali dulu x1*x2 lalu hasil nya aku kali dengan pemoderasinya atau gimana ya ?

    BalasHapus
  16. Pak mohon untuk dijawab nggeh.
    Untk Uji MRA saya >0.05 atau tidak signifikan, tetapi R Square saya antara persamaan 2 dan persamaan 3 itu naik. Berati Penarikan Kesimpulannya bagaimana ? Memprkuat secara positif tidak signifikan atu bagaimana? Trmkh byk atas bantuannya

    BalasHapus
  17. Ohh iyaa, sama satu lagi Pak
    Referensinya memakai bku karangan siapa ?
    Tmkh

    BalasHapus
  18. permisi mas, saya ingin bertanya, apakah pengaruh variabel moderating hanya dilihat dari R Square saja? perlukah kita memperhatikan signifikansi variabel moderating? terima kasih

    BalasHapus
  19. boleh tau ini referensi dari buku atau apa yaa ???

    BalasHapus
  20. boleh tau ini referensi dari buku atau apa yaa ???

    BalasHapus
  21. salam kenal kak Dede,
    apakah punya turorial mengenai variabel moderasi menggunakan e views ?
    terimakasih

    BalasHapus
  22. bang tabel klarifikasi sumbernya dari mana bang

    BalasHapus
  23. kak kalau variabel moderating tatpi teknik uji data nya pakai analisis jalur bagaimana ya? tolong bantuannya

    BalasHapus
  24. kak mohon bantuannya itu tabel penentu moderasi ambil dari siapa kak, kalau boleh minta tolong kasi link nya dong kk atau jurnal nya
    terima kasi..

    BalasHapus
  25. kalau boleh mau juga donk cara analisis variabel moderating dengan e views

    BalasHapus
  26. Selamat pagi kak, saya mau tanya.
    Bisa kita ketahui variabel moderasi memeperkuat atau melemahkan itu dari apa ya? Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  27. Mohon maaf kak ijin bertanya caranya tau variabel moderasi tsb apakah memperkuat atau memperlemah itu bagaimana ya? Terimakasih

    BalasHapus